POSTAR News

AkhirnyaAkhirnya UAS Datang Juga!  

Rabu

SMART NEWS

POSTAR - Ujian Akhir Semester (UAS) sudah di depan mata. Tepatnya tanggal 15 Juni 2009 UAS ini akan dilaksanakan. Momen ini tentu saja menjadi sangat penting bagi mahasiswa/i yang peduli terhadap pencapaian kemampuan selama pelaksanaan perkuliahan. Tak pelak, para mahasiswa/i pun mulai sibuk menyiapkan materi dari masing-masing mata kuliah serta mulai menggodok mental untuk meghadapinya.

Mereka memilki cara dan sikap yang berbeda-beda dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) ini. Ada yang serius menyambutnya dengan menghafal dan menelaah materi-materi mata kuliah, ada yang setengah-setengah, dan ada pula yang menghadapinya dengan santai seperti angin lalu.

“Bagi saya, UAS terasa cukup sulit. Untuk itu, saya mempersiapkan segala materi dengan matang dan bertanya kepada dosen tentang materi yang belum saya dipahami,” kata Syifa Fauziah, mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBSI).

Seperti biasa, satu minggu sebelum UAS dilaksanakan para mahasiswa/Ii diperkenankan untuk menikmati minggu tekun. Hal ini sangat penting karena setiap mahasiswa/i membutuhkan persiapan yang matang dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Namun, realita yang terjadi justru tidak seperti itu. Ada beberapa jurusan yang terlihat masih melaksanakan perkuliahan pada saat minggu tekun. Di sisnilah terjadi sedikit pro konta di kalangan mahasiswa/i.

Sebagaimana dilansir Tim Smart News, salah seorang mahasiswa jurusan PBA, yang tidak mau disebut namanya, mengaku keberatan atas pelaksanaan perkuliahan pada saat minggu tekun. Menurutnya, minggu tekun seharusnya dipergunakan sebagai waktu untuk memperdalam materi dengan tenang sekaligus untuk me-refresh otak.

Namun ada juga mahasiswa yang mengaku tidak masalah dengan penggunaan waktu minggu tekun untuk kegiatan perkuliahan. Menurutnya, kampus adalah tempat yang kondusif untuk belajar.


Linda Pramita, ketua Lingkar Sastra Tarbiyah (LST), misalnya, memberikan respon positif terhadap pelaksanaan ujian UAS. “Meskipun UAS dilaksanakan sangat cepat, dengan persiapan yang matang kita pasti bisa melaksanakannya,” ucapnya ketika diwawancarai Tim Smart News di tempat pelatihan teater.

Ia juga memberikan tips bagi rekan mahasiswa/i yang akan melaksanakan UAS. Menurutnya, dalam melaksanakan UAS sebaiknya dibawa enjoy. Karena jika UAS dihadapi dengan tegang justru tidak akan efektif terhadap kerja otak.

Pengalaman tahun kemarin, ketika para mahasiswa/I tidak bisa mengejarkan soal UAS, bermacam-macam komentar yang keluar. Ada yang menjadikan organisai segabagai alasan, ada pula yang memang tidak terlalu peduli degan UAS.

“Jangan pernah menjadikan organisasi sebagai tumbal atas jeleknya Indeks Prestasi (IP),” kelakar mahasiswa jurusan PAI yang tidak mau disebut namanya. “Justru dari organisasi seharusnya kita banyak belajar tentang bagaimana bersikap profesional,” tambahnya.

Menghadapi UAS yang telah di depan mata tersebut tidak lantas membuat semua mahasiswa tegang. Sabtu, 13 Juni 2009, Pojok Seni Tarbiyah (POSTAR), misalnya, mengerahkan utusan-utusannya dalam mengisi acara Tarbiyah Expo. Mereka menampilkan elemen-elemen penting di antaranya Band, PST, LST dan lain-lain. Kendati pelaksanaan UAS berlangsung, namun anggota POSTAR mengaku tetap aktif melaksanakan pelatihan rutin tiap minggu.

Menurut Tim Manajemen POSTAR, para anggota POSTAR mengaku tidak keberatan dengan latihan pada saat UAS. Yang terpenting adalah persiapan yang matang. Justru dengan adanya POSTAR, dapat mengurangi rasa tegang dalam melaksanakan UAS.


Nampaknya UAS bukanlah hal yang harus ditakuti. Dengan persiapanyang matang serta doa, semuanya insya Allah akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, segenap Tim Redaksi Smart mengucapkan selamat menempuh Ujian Akhir Semester, semoga mendapatkan hasil yang terbaik. (Lia Kurniawati).

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Your Ad Here

Design by indramunawar@gmail.com